Monday 21 March 2016

Karinding

Karinding adalah alat musik buhun (jaman dahulu) yang berasal dari daerah Jawa Barat. Alat musik Tepak ini merupakan alat musik membran getar, yaitu dengan menepuk bagian kepala dari karinding, Di gambar terliat yang bertuliskan "bagian untuk memukul" dan bagian "jarum karinding akan bergetar'', getaran jarum karinding memantulkan bunyi ke ruang rongga mulut, dan yang membentuk bunyi-nya itu bentuk-bentuk rongga mulut, biasanya bentuk mulut itu membetuk konsonan ' O, E( melebar), A(mulut terbuka atas bawah/mangap). Nah ketiga bentuk mulut itu bisa di gabung, juga bis degan cara di acak bentuk mulutnya untuk membentuk bunyi karinding, sehingga bentuk bunyi karinding berpariasi.
Karinding ini adalah alat musik yang tergolong ke dalam alat musik ritmis, yakni alat musik untuk mengiringi alat musik melodis.
Ada beberapa wilayah produksi karinding di wilayah Jawa Barat seperti : Ciamis, Kawali, (Jawa Barat, Tasikmalaya, Sumedang, Subang, bahkan Prov, Banten Dsb.
Untuk mengetahui cara membuat karinding dan bagaimana cara memainkan karinding kalian bisa klik di link ini :https://www.youtube.com/watch?v=kl9C30rHpLQhttps://www.youtube.com/watch?v=kl9C30rHpLQ

0 komentar

Post a Comment